Kamis, 05 Juni 2008

e- CRM ( Electronic Costumer Relationship Management )

CRM (Costumer Relationship Management) adalah sebuah system management yang memungkinkan untuk menarik pelanggan dengan cara memberikan kepuasan optimum. Saat ini CRM sudah berkembang dengan adanya media system elektronik menjadi e-CRM. Sehingga E-CRM dapat didefinisikan sebagai kombinasi sebuah proses bisnis dan teknologi yang bertujuan untuk mengetahui dan memahami konsumen perusahaan yang ada dari sudut pandang yang luas. e-CRM yang efektif terjadi ketika panyedia jasa menyediakan layanan (pertolongan) online, informasi produk, perangkat untuk membantu interaksi konsuman antara lain dengan web, telepon, perangkat nirkabel atau personal contact. Dengan e-CRM kita dapat memiliki hubungan langsung dan partisipasi konsumen dalam hubungan bisnis.
Pada dasarnya para konsumen tidak memikirkan bagaimana cara sebuah organisasi melakukan pengumpulan data ataupun cara kerja organisasi atau perusahaan tersebut. Kenyataannya para konsumen hanya menginginkan pelayanan yang lebih baik secepatnya. Ada 3 tahap dalam CRM adalah :
1. mendapatkan konsumen baru
2. meningkatkan keuntungan dari pelanggan yang telah ada
3. mempertahankan pelanggan yang telah ada

e-CRM dapat digunakan untuk mengelola data pelanggan pada Kantor Cabang / Pusat yang lokasinya terpisah, akan tetapi dengan berbasiskan teknologi internet dimana seluruh data dan aplikasi ditempatkan di satu titik yaitu Internet Data Center, maka integritas keseluruhan data selalu terjamin.
Dalam Sistem Informasi Customer Relationship Management Berbasis Web (e-CRM) ini terdapat beberapa modul yaitu :

MODUL PENJUALAN, Berfungsi untuk mengelola data Penjualan, diantaranya meliputi :
1. Realisasi Kunjungan
2. Selling Process
3. Perolehan Kontrak
MODUL LAPORAN, Berfungsi untuk mengelola data Laporan, diantaranya meliputi:
1. Laporan Bulanan
2. Laporan Triwulan
3. Laporan Semester
4. Laporan Tahunan
MODUL POST-PENJUALAN, Berfungsi untuk mengelola data Post-Penjualan, diantaranya meliputi :
1. Complaint Handling
2. Monitoring Piutang
3. Status Order
4. Customer Services
MODUL PRA-PENJUALAN, Berfungsi untuk mengelola data Pra-Penjualan, diantaranya meliputi :
1. Data Pelanggan
2. Anggaran Prospecting
3. Rencana Kunjungan
4. Anggaran Biaya
5. Portofolio

Suatu Perusahaan yang salah satunya mendukung situs www.jakartaconsulting.com ini kini mengkhususkan diri di bidang e-Customer Relationship Management service,termasuk konsultasi dan training.

Tidak ada komentar: